Memilih bibit kelinci yang baik

on


Cara memilih bibt kelinci yang baik (sebagai awal beternak kelnci) :


Keberhasilan dalam beternak dan memelihara kelinci adalah berasal dari bibit kelinci yang baik. pasti banyak pertayaan, bagaimana sih kelinci yang baik/bagus/sehat dan layak dipelihara ? itu halyang umum dan wajar menjadi pertayaan.
Ciri-ciri kelinci yang baik adalah sebagai berikut :

  1. Penampilan nampak tegap, gerakannya gesit dan menarik perhatian.
  2. Bulu halus mengkilap dan tidak rontok atau adanya parasit karena penyakit tertentu , misal : kulit kaki, telinga, hidung mengelupas/pecah-pecah. ( bulu ronok untuk indukan bisa juga karena kelinci itu mau beranak atau siap kawin )
  3. Pandangan mata tajam, tidak cekung atau melelehkan air mata, demikian juga untuk hdung dalam kondisi bersih juga tidak ada ingusan
  4. Nafsu makan baik
  5. Bagian kaki tidak bengkok, tampil lurus tegap dan kokoh menyangga badan
  6. Ekor naik mengikut arus tulang punggung. Kelinci yang ekornya tergeletak dilantai atau menceng biasanya terkena penyakit
  7. Bagian saluran kencing dan anus tidak basah dan kotor.

Umur
Indukan umur antara 6-8 bulan sangat produktif melahirkan anak,jangan sampai beli indukan diatas 2,5tahun. Karena usia tersbeut kelinci sudah tidak produktif dan kemungkinan tidak bisa melahirkan lagi. Jika kita ingin membeli kelinci anakan pastikan usia nya 60 hari, dimana selama 45 hari anakan bersama induk untuk mendapatkan pasokan asi. Jangan sampai membeli kelinci yang umurnya dibawah 60 hari.

Hal-hal yang menyebabkan kematian anak kelinci dibawah usia 60 hari tinggi , dkarenakan :

  • Anak kelinci disapih dibawah usia 45 hari, karena ingin mendapatkan uang banyak maka menjualnya pada umur yang belum waktunya sapih.
  • Penggantian pakan pada usia dibawah 60 hari tidak boleh mendadak.
  • Perjalanan jauh bagi kelinci dibawah umur 60 hari adalah penderitaan , terlebih cuaca panas tanpa makan dan minum.

Jenis dan Silsilah

Silsilah keturunan harus jelas dan memenuhi standar yang jenis. Keturunan asli ini sangat penting untuk indukan supaya kualitas anak-anaknya tetap terjaga dengan baik.

NB :

Jika ada pertanyaan seputar ternak kelinci dan pencarian bibitannya, bagi yang di wilayah sidoarjo dan sekitarnya silakan kunjungi tempat kami di Desa Gang-gang Panjang RT11/3 Tanggulangin-Sidoarjo. Sekalian sharing dalam hal perkelincian.

Telp: 031-77680400



1 komentar:

Sparklepush mengatakan...

lengkap yah. ada 7 poin yang harus diperhatikan untuk memilih bibit kelinci indukan yang unggul.

Terima kasih infonya kak.

Kelinci memang binatang peliharaan yang menggemaskan dan halal

Posting Komentar