Pakan Berkualitas untuk kelinci

on

Pakan Berkualitas untuk Kelinci


A. Daun Pepaya
Kadungan gizi pada daun pepaya antara lain : Vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal. protein 8,0 mg, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg, fosfor 63mg, Besi 0,8 mg, air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Pemberian daun pepaya harus dilayukan min 4 jam , karena kondisi basah/segar getahnya membuat gatal mulu dan kerongkongan kelinci.

B.Wortel
Kelinci sangat menyukai wortel, pakan jenis ini kelinci tidak perlu menyusaikannya. Kandungan yang ada pada wortel yaitu : vitamin A yang sangat tinggi sebesar 12.000 SI, kalori 42 kal, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, Vitamin B1 0,06 miligram, Vitamin C 6 miligram (hasil riset BPPT dalam situs Sentra informasi IPTEK )
Apa khasiat dari Wortel ?
1. Vitamin A pada wortel untuk memperkuat pandangan, mempercepat proses penyembuhan luka dan menekan pertumbuhan sel kanker
2. Daun Wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan hormon seksual
3. Akar wortel untuk memperkuat fungsi hati, melancarkan air kencing, mengusir zat yang tidak berguna dan melindungi tubuh dari racun.
Pemberian wortel 1 hari cukup 1 batang, ini sangat bagus untuk kelinci hamil atau menyusui. Wortel busuk atau dari almari es jangan diberikan.

C. Ubi Jalar
Kandungan kimia pada ubi jalar antara lain : Energi 81,1 ( kj/100 gram ), protein 1,43%, Lemak 0,17 %, pati 22,4 %, Gula 2,4 %, Serat Makanan 1,6 %, Kalsium 29 % ( mg/100gram ), fosfor 51 % (mg/100 gram ), besi 0,49 % ( mg/100 gram), vitamin A 0,01% ( mg/100 gram ), Vitamin B1 0,09% ( mg/100 gram 0, Vitamin C 24 % ( mg/100 gram ) , air 83,3 % gram.
Apa khasiat dari ubi jalar ?
1. Mampu menyerap kelebihan serta kadar lemak atau kolesterol darah
2. Mencegah sembelit dan memudahkan buang angin
Pemberian ubi jalar adalah sebagai pakan tambahan yaitu 1 minggu sekali . Hindarkan pakan ubi jalaryang tidak bagus , yaitu ada bercak hitam pada ubi tersebut.

D. Tomat
Tomat adalah sumber vitamin C dan A yang sangat baik karena 100 gram tomat memenuhi 20 % atau lebih dari kebutuhan vitamin C dan Vitamin A sehari .
Apa khasiat dari Tomat ?
1. Memelihara kesehatan gigi dan gusi
2. Mempercepat peyembuhan luka-luka
3. Menghindarkan terjadinya pendarahan pembuluh darah halus.
4. Untuk kesehatan organ penglihatan,sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan reproduksi
5. Sebagai anti oksidan
Karena tomat mengadung amoniak ( senyawa kimiadengan rumus NH 3 yang dapat menimbulkan bau tidak enak ) maka tomat tidak direkomendasikan sebagai pakan kelinci.
Pemberian tomat sesekali aja , pastikan pemberian tomat pada kelinci tertentu saja seperti terkena sembelit atau tambahan dalam pembuatan pelet.

Makanan Altenatif Kelinci Selain Pelet

Pelet merupakan makanan yang bergizi buat kelinci , karena harganya yang cukup mahal antara Rp 8.000,- Rp 15.000,- per kg maka cukup menguras kantong para peternaka maupun penghobi. Tidak ada salahnya kalau kita dapat menyajikan mekanan altenatif yang tidak jauh bergizinya dengan pelat kelinci.
Ada beberapa pakan altenatif yang dapat disajikan ke Kelinci, tentunya dengan pelan-pelan penyajiannya apabila sebelumnya pakannya memakai pelet.

A. Pakan Altenatif dari Bekatul/dedak
Hal ini disarankan memakai bekatul/dedak padi bukan ketan , karena dedak ketan akan lengket yang mengganggu pecernaan kelinci. Bagaimana cara penyajiannya ?
• Bekatul/dedak dicampur dengan air secukupnya , jangan terlalu banyak air
• Pastikan tempat pakan bersih dan tidak tercampur dengan kotoran, apabila ada sisa makanan lebih dari 3 jam sebaiknya dibuang
• Komposisi pembuatan untuk 1 kg bekatul/dedak : bekatul 1 kg , tepung jagung/dedak gandum 1/2 kg, garam sepucuk sendok teh, kalsium khusus untuk ewan pemakan rumput 1/2senok teh ( cat ; garam dan kalsium tidak terlalu penting, karena kelinci mendapatkan mineral dari rumput, sedangkan kalisum dari makanan lain
• Kandungan Bekatul kasar ( kulitgabah yang bercampur dengan pecahan padi ) ; protein 13,2 - 27,3 %, lemak 17 - 22,9% , serat 9,5 - 13,2 %, Abu 9,2 - 11,5%, N bebas 39,6 - 60,8%, Pati 16,1%, Gula 6,4 - 6,5 % dan juga Vit BKompleks ( B1, B2, B3, B5, B6 dan B 15 )
B. Pakan Altenatif dari Ampas Tahu
Kandungan apa aja yang ada pada ampas tahu ?
Protein 23,55%, lemak 5,54%, karbohidart 26,92%, abu 17,03%, serat kasar 16,53% , air 10,43% ( data : kementerian negara risetdan teknologi )

Bagimana Cara penyajian ?
• Karena kandungan air pada ampas tahu banyak maka peras ampas tahu sampai kenyal
• Pastikan tempat pakan bersih dari kotoran dan pakan habis sebelum 3- 4 jam , apabila lebih alangkah baiknya dibuang sisa makanan tersebut
• Komposisi pakan ampas tahun setiap 1kg : ampas tahu sudah diperas 1 kg, bekatul padi 1/2 kg, jagung giling 1/2 kg dan kalsium khusus untuk hewan pemakan rumput 1/2 sendok teh.
Dengan adanya bebarapa pakan alternatif diatas kita semakiin banyak pilihan, terutama para peternak yang jauh dari kesedian pakan pelet ataupun pakan lain buatan pabrik yang biasa digunakan para peternak kelinci ( polar, gemuk A, white brand ).

NB: Mau berbagi info/sharing masalah ternak kelinci silakan datang di lokasi ternak kami.
Telp. 031-77680400





16 komentar:

intan mengatakan...

apakah jika kelinci di beri pakan pelet akan gemuk ????

pemeliharaan mesin mengatakan...

keren

security services mengatakan...

bagus

armstrong indonesia mengatakan...

mantap

motivator indonesia mengatakan...

salam kenal

parking mengatakan...

semoga bermanfaat

cleaning services mengatakan...

terima kasih atas tipsnya

rumah mengatakan...

terima kasih atas infonya

rumah dijual mengatakan...

ada berapa jenis kelinci pak?

rumah disewa mengatakan...

sekarang harga kelinci berapa duit pak?

rumah dijual di jakarta barat mengatakan...

jenis apa itu pak?

rumah dijual di jakarta utara mengatakan...

bbagusan kasih makan buah apa pak?

rumah dijual di jakarta selatan mengatakan...

apa suka buah tomat pak?

rumah dijual di jakarta timur mengatakan...

bagusan dikasih makan rumput jenis apa pak?

jantung koroner mengatakan...

semoga sukses pak

Siti Muhayanah mengatakan...

Trims infonya..... smoga bermanfaat bagi anda2 yg suka kelinci.......!!!

Poskan Komentar